Selasa, 20 Agustus 2019

Tugu Peringatan Absalom - YAD ABSALOM

         Editing by SoNy Higinik

Apalah arti sebuah nama?

Tapi ada banyak arti nama-nama yang memang berhubungan dengan orang yang menyandang nama itu. Misalnya nama Habel (Ibrani: הֶבֶל - 'HEVEL) yang artinya "hembusan nafas, kesia-siaan" agaknya berhubungan dengan garis hidupnya yang berumur pendek, yaitu bagaikan sembusan nafas, lalu hilang.

Nama Yehuda (Ibrani: יְהוּדָה - YEHUDAH), yang artinya "dia bersyukur atau dia memuji". Nama ini diberikan oleh Lea kepada puteranya sebagai wujud syukur kepada Allah darinya, sebab Allah memberikan putera baginya, dan memberikan Lea jaminan sebagai istri utama bagi Yakub, karena ia lebih mampu melahirkan putera-putera bagi Yakub

Meski nama "Ismael" (Ibrani: יִשְׁמָעֵאל - YISH'MAEL, artinya: Allah mendengar, agaknya kurang disukai oleh sebagian orang Kristen (gara-gara tafsir tertentu yang belum tentu benar). Namun, sosok "Ismael" sungguh seperti namanya, sebab Allah sungguh mendengarnya (Reff: Kejadian 16:11, 21:17).Artinya, "Ismael" justru bukan orang buangan seperti sangkaan sebagian orang Kristen, sebab Alkitab jelas mencatat bahwa Allah mendengar dan memberkatinya. 

Dalam Alkitab, tampaknya ada nama-nama yang artinya tidak cocok dengan seseorang yang menggunakan nama itu. Misalnya Nama ibu Yesus: Miryam (Ibrani: מִרְיָם - MIR'YAM, artinya "yang pahit"). Berasal dari kata מָרָה - MARAH, pahit. Bentuk Yunani: μαρια – MARIA itu justru memberikan hal yang "manis" bagi kehidupan. Sebab dari kandungannya melahirkan Allah yang inkarnasi ke bumi. 

Nama Absalom (Ibrani, אֲבּישָׁלוֹם - 'ABYSHALOM, atau אַבְשָׁלֹום - 'AB'SHALOM) dari kata אָב - 'AB atau 'AVbapak dan שָׁלוֹם - SHALOMdamai sejahtera. Maka Absalom artinya sangat bagus sekali: Bapak damai sejantera atau Bapak perdamaian). 

Nampaknya namanya ini tidak mencerminkan kehidupannya, sebab antara Bapa-anak, Daud dan Absalomini terdapat suatu pertikaian, dan itu membuat Daud lari dari hadapannya. Daud yang terkenal perkasa melawan musuh, panglima yang handal dalam banyak peperangan, namun ia memilih untuk lari, daripada harus berperang dari puteranya sendiri:

    * Mazmur 3:1LAI TB, Mazmur Daud, ketika ia lari dari Absalom, anaknya. KJV, A Psalm of David, when he fled from Absalom his son.Hebrew, 
    מִזְמֹור לְדָוִד בְּבָרְחֹו מִפְּנֵי ׀ אַבְשָׁלֹום בְּנֹו׃ 
    Translit, MIZ'MOR {mazmur} LEDAVID {dari daud} BEVAR'KHO {dalam pelariannya} MIP'NEY {dari hadapan} 'AV'SHALOM {absalom} B'NO {puteranya}



Absalom memberontak terhadap Daud; merebut kerajaan (dalam 2 Samuel 15:1-17:29).

Absalom dicatat membangun יָד אַבְשָׁלֹום - YAD AV'SHALOM, harfiah: tempat Absalom, atau lebih lengkapnya: קֶבֶר יָד אַבְשָׁלֹום - QEVER YAD AV'SHALOMmakam bagi Absalom. Namun sebenarnya ini bukanlah kuburan sebenarnya, mungkin lebih tepat disebut "monumen" saja, sesuai yang tertulis di Kitab 2 Samuel, dimana Absalommendirikan monumen/ tugu (Ibrani: יָד- YAD) untuk dirinya karena dia tidak mempunyai keturunan laki-laki, dan karena dia menyadari saat dia mati nanti tidak ada yang membuat tugu peringatan bagi dia:

    * 2 Samuel 18:18LAI TB, Sewaktu hidupnya Absalom telah mendirikan bagi dirinya sendiri tugu yang sekarang ada di Lembah Raja, sebab katanya: "Aku tidak ada anak laki-laki untuk melanjutkan ingatan kepada namaku." Dan ia telah menamai tugu itu menurut namanya sendiri; sebab itu sampai hari ini tugu itu dinamai orang: tugu peringatan Absalom.KJV, Now Absalom in his lifetime had taken and reared up for himself a pillar, which is in the king's dale: for he said, I have no son to keep my name in remembrance: and he called the pillar after his own name: and it is called unto this day, Absalom's place.Hebrew,
    וְאַבְשָׁלֹם לָקַח וַיַּצֶּב־לֹו בחיו אֶת־מַצֶּבֶת אֲשֶׁר בְּעֵֽמֶק־הַמֶּלֶךְ כִּי אָמַר אֵֽין־לִי בֵן בַּעֲבוּר הַזְכִּיר שְׁמִי וַיִּקְרָא לַמַּצֶּבֶת עַל־שְׁמֹו וַיִּקָּרֵא לָהּ יַד אַבְשָׁלֹם עַד הַיֹּום הַזֶּֽה׃ ס
    Translit, VE'AV'SHALOM {dan absalom} LAQAKH {dia telah mengambil} VAYATSEV- {dan dia mendirikan} LO {baginya} VEKHAYAV {pada masa dia hidup} 'ET- {pada} MATSEVET {sebuah tugu} 'ASHER {yang} BE'EMEQ-HAMELEKH {berada pada lembah raja} KI {sebab} 'AMAR {dia leh mengatakan} 'EIN- {tidak ada} LI {bagiku} VEN {putera} BA'AVUR {untuk melanjutkan} HAZEKIR {peringatan} SHEMI {bagi namaku} VAYIQ'RA {dan dia memanggil/ menamai} LAMATSEVET {pada tugu itu} 'AL- {atas} SHEMO {namanya} VAYIQ'RA {dan dia menamai} LAH {-nya} YAD 'AV'SYALOM {tugu absalom} 'AD {sampai} HAYOM {hari} HAZEH {ini}
    Note:
      Kata Ibrani יָד - YAD, yang diasanya diterjemahkan dengan "tangan", dalam konteks ini artinya adalah "monumen/ tugu"
    .



Dalam Kitab Mazmur pasal 3, Raja Daud menulis syair tentang salah satu insiden yang paling menyedihkan dalam hidupnya yaitu pemberontakan anaknya sendiri, Absalom - dan Daudmenyebutkan bahwa anaknya ini sebagai salah satu musuh-musuhnya. Seperti yang mungkin Anda ingat, karena pemberontakan itu, Daudkeluar dari Yerusalem menuju ke sisi lain dari sungai Yordan. Pemberontakan berakhir pada kematian Absalom ketika rambutnya tersangkut pada dahan-dahan pohon tarbantinYoab, salah satu perwira tinggi Raja Daud, mengambil kesempatan dari situasi itu dan membunuh Absalom , meskipun instruksi implisit Daud tidak bermaksud membuat anaknya mati.

Situs sejarah yang disebut: קֶבֶר יָד אַבְשָׁלֹום - QEVER YAD AVSALOMmakam bagi Absalom, terletak di Lembah Kidron, di kaki Bukit Zaitun. Namun, terdapat masalah, sebab melihat bentuk arsitektur monumen besar dan indah ini menunjukkan bahwa struktur bangunan ini tidak dari zaman Raja Daud tetapi dari zaman/ periode kemudian. Namun, hal ini tampaknya tidak dipermasalahkan orang. Alkitab menulis "sampai hari ini" bahwa tugu Absalom itu masih ada hingga kini. Dan anggapan pula bahwa Absalom dikuburkan di situ. Selama berabad-abad keyakinan ini tersebar luas di antara percaya dari semua agama semitik. Mereka semua memahami kisah sejarah bahwa Absalom pernah memberontak kepada ayahnya. Bahkan banyak orang melemparkan batu pada Makam Absalom ini ketika mereka lewat. Hal ini menyebabkan monumen/ tugu tersebut terdapat banyak sekali batu dan pasir yang berserakan memenuhi monumen tsb dan sekitarnya.

Pada tahun 1967 ketika Pemerintah Israel baru merebut kota Yerusalem. Para arkeolog membersihkan monumen tersebut dari batu-batu yang memenuhinya. Monumen ini dilindungi pemerintah Israel sebagai warisan situs sejarah meskipun para arkeolog memandangnya bahwa bangunan tersebut pastilah bukan bangunan yang asli, mengingat struktur bangunan tsb pastilah dibangun di masa-masa yang kemudian, jauh setelah masa raja-raja Israel.


Blessings,

Sumber :
Sarapanpagi Biblika org


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DOA -TEFILAH

DOA - TEFILAH STUDY KATA: DOA - TEFILAH Definisi "doa" dari Kamus Besar Bahasa Indonesia Doa : permohonan (harapan...